Bagaimana jika dalam pelaksanaan proses tender terdapat perbaikan Server LPSE yang mengakibatkan LPSE tidak dapat diakses, apakah paket yang masih tayang dan berproses dalam jadwal pelaksanaan PBJ dan belum SPPBJ dibatalkan atau diteruskan? apabila dibatalkan apakah perlu dilakukan proses pemilihan ulang? Apabila diteruskan proses PBJ yang masih berproses apakah melalui non SPSE atau proses lain?

Kategori : Q&A Pengadaan
Jawaban :

1. Berdasarkan ketentuan Pasal 69 ayat (1) Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta perubahannya bahwa Penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa dilakukan secara elektronik menggunakan sistem informasi yang terdiri atas Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dan sistem pendukung.
2. Mengacu pada ketentuan Pasal 69 ayat (1) tersebut maka pelaksanaan pengadaan barang/jasa wajib dilakukan secara elektronik melalui aplikasi SPSE;
3. Dalam hal dalam proses pengadaan terjadi kondisi tidak dapat diaksesnya LPSE maka terhadap proses yang terkendala tersebut agar dilakukan pengecekan backup data terakhir kemudian lakukan restore data. Dari hasil restore data tersebut dapat diketahui dan dilanjutkan sesuai dengan tahap tertentu. Dalam hal tidak ditemukan data dimaksud, maka dilakukan tender ulang atau dibuat paket baru sesuai dengan ketentuan.