Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan tender Rehabilitasi Gedung Serbaguna Gelanggang Olahraga dengan nilai pagu Rp. Rp. 520.000.000, bersama ini saya sampaikan hal sebagai berikut :
1. Kegiatan Rehabilitasi Gedung Serbaguna Gelanggang olahraga sudah dilaksanakan proses tender oleh UPPBJ Kota Samawa namun gagal, adapun alasan tender gagal adalah tidak ada peserta yang lulus dalam persyaratan teknis, dan pada tender ulang juga mengalami tender gagal dikarenakan tidak ada peserta yang lulus dalam melengkapi persyaratan teknis.
2. Berdasarkan angka 1 bahwa kegiatan dimaksud dua kali Tender Gagal, sehingga pokja pemilihan dengan persetujuan PA/KPA akan melakukan Penunjukan Langsung dengan pertimbangan Jadwal pemakaian Gedung Serbaguna GOR sangat padat dan tidak dapat digeser.
Berdasarkan uraian diatas, apakah pengadaan Gedung Serbaguna GOR dapat dilakukan penunjukan langsung? mengingat jadwal pemakaian Gedung Serbaguna GOR sangat padat dan tidak dapat digeser.

Kategori : Q&A Pengadaan
Jawaban :

1. Bahwa mengacu pada ketentuan dalam pasal 51 ayat (10) Perpres 16 Tahun 2018, tindak lanjut atas tender ulang gagal. Pokja Pemilihan atas persetujuan PA/KPA dapat melakukan penunjuan langsung, dengan ketentuan:
a. kebutuhan tidak dapat ditunda; dan
b. tender tidak cukup waktu untuk melaksanakan tender.


2. Namun demikian sebelum menggunakan ketentuan pada poin 1 (satu) diatas, disarankan agar dilakukan evaluasi terlebih dahulu atas penyebab tender gagal sampai 2 (dua) kali atas pekerjaan dimaksud, untuk mengetahui secara pasti, apakah dikarenakan persyaratan/kriteria kualifikasi maupun teknis yang tidak proporsional/tidak tepat (misalnya persyaratan tenaga ahli/pendukung yang berlebihan, persyaratan pengalaman tenaga ahli/pendukung yang sebenarnya tidak diperlukan, pelaksanaan evaluasi yang tidak tepat dil) atau sebenarnya memang pesertanya yang tidak mernahami/tidak kompeten. Sehingga tindak lanjut yang diambil oleh PA/KPA, apakah akan ditender ulang kembali atau akan dilakukan penunjukan langsung, merupakan pilhan yang paling efektif dan efisien.

 

#Tender Gagal

#Penunjukan Langsung

Referensi : Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018

Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah