Sehubungan akan dilaksanakannya Kegiatan Perawatan Kendaraan Bermotor TA. 2019 pada UPTD Peralatan dan Perbengkelan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samawa yaitu Pengadaan Sparepart Truck Amphibious PC 200 untuk penggantian truck amphibious yang rusak dengan nilai Rp. 1.200.000.000,00.

Memperhatikan kondisi tersebut, apakah pengadaan Sparepart truck amphibious dapat dilaksanakan secara swakelola mengingat telah ada Perjanjian Kerjasama (MoU) Perbaikan dan  Pemeliharaan Alat Berat antara  Kepala UPTD Peralatan dan Perbengkelan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samawa dengan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) alat tersebut.

Kategori : Q&A Pengadaan
Jawaban :

1. Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Pasal 19 ayat (2) menyebutkan bahwa dalam penyusunan  spesifikasi  teknis/KAK  dimungkinkan  penyebutan  merk  terhadap  komponen barang/jasa,  suku  cadang,  bagian  dan  satu  sistem  yang  sudah  ada,  barang/jasa dalam katalog elektronik atau barang/jasa pada tender cepat.

2. Peraturan Presdien Nomor 16 Tahun 2018 Pasal 38 ayat (5) huruf d menyebutkan bahwa kriteria barang/pekerjaan   konstruksi/jasa  lainnya  untuk  keadaan  tertentu  sebagaimana dimaksud pada ayat (4) meliputi barang/pekerjaan konstruksi/jasa lainnya yang hanya dapat disediakan oleh 1 (satu) Pelaku Usaha yang mampu.

3. Terkait dengan pengadaan  sparepart/suku  cadang  maka  dalam  penyusunan  spesifikasi diperbolehkan  langsung  menyebutkan  merk  yang  dibutuhkan.  Dalam  hal  ATPM  sudah melakukan MoU dengan Instansi Saudara maka dapat dilakukan penunjukan langsung (bukan swakelola) kepada ATPM tersebut.

 

#Tender Cepat

#ATPM

Referensi : Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018

Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah