Bersama ini dengan hormat disampaikan bahwa Pemerintah  Kota Samawa telah melaksanakan paket pekerjaan Pembangunan Gedung  Indoor   Lanjutan   di   Komplek  Stadion   Megah   dengan   nilai   MPS  Rp 29.000.000.000 (Dua puluh sembilan milyar rupiah) metalui dana Bantuan Gubemur  Provinsi  Samawa Tahun Anggaran 2019. Berkenaan dengan proses  pelaksanaan pekerjaan kami mohon penjelasan hal-hal sebagai berikut:
1. Bahwa  berdasarkan  kajian  teknis  telah  terjadi  pergeseran  item pekerjaan yang mutlak hares dilakukan dan mengakibatkan terjadinya  CCO pada pekerjaan Pembangunan Gedung Indoor Lanjutan sebesar  39,9%

2. Berdasarkan CCO kemudian ditetapkan addendum kontrak dengan nilai  kontrak  tetap/tidak  berubah,  sehingga  addendum  hanya  sebatas menambah atau mengurangi item pekerjaan yang ada.

3. Berkenaan  dengan  hal  tersebut,  maka  mohon  penjelasan  terkait  dengan besaran CCO yang mencapai 39,9 % dari pekerjaan semula apakah hal tersebut diperbolehkan dan tidak melanggar ketentuan yang berlaku.

Kategori : Q&A Pengadaan
Jawaban :

1. Mengacu pada ketentuan dalam pasal 54 Perpres 16 Tahun 2018 bahwa dalam hal terdapat perbedaan antara kondisi lapangan pada saat pelaksanaan dengan gambar dan/atau spesifikasi teknis/KAK yang ditentukan dalam dokumen Kontrak, PPK bersama Penyedia dapat melakukan perubahan kontrak, yang meliputi:

  1. Menambah atau mengurangi volume yang tercantum dalam Kontrak;
  2. Menambah dan/atau mengurangi jenis kegiatan;
  3. mengubah spesifikasi teknis sesuai dengan kondisi lapangan; dan/atau
  4. mengubah jadwal pelaksanaan:

2. Memperhatikan ketentuan pada  poin 1 (satu)  diatas,  dalam  hal  gambar  dan/atau spesifikasi   teknis/KAK   yang   ditentukan   dalam   dokumen   Kontrak   tidak   mampu menjawab/tidak sesuai kebutuhan di lapangan pada saat pelaksanaan pekerjaan maka dapat dilakukan perubahan kontrak berupa perubahan atas volume pekerjaan, spesiifikasi teknis dan/atau jenis kegiatan (CCO).

3. Namun demikian meskipun perubahan atas volume dan/atau spesiifikasi teknis (CCO) yang akan dilakukan tidak menambah nilai kontrak awal namun mengingat rencana perubahannya cukup signifikan,   yakni   mencapai 39,9%   maka   perlu   dilakukan pembahasan  secara  mendalam  terlebih  dahulu  antara  PPK,  Konsultan  Perencana, Konsultan Pengawas, Kontraktor maupun instansi teknis sehingga secara teknis dapat dipertanggungjawabkan. Selanjutnya dalam hal terdapat item pekerjaan baru, spesifikasi teknis yang baru ataupun penambahan volume atas suatu item pekerjaan tertentu, hendaknya dilakukan negosiasi teknis dan harga dengan cermat untuk mendapatkan harga yang sepadan dengan kualitasnya.

 

#Perubahan Kontrak

#Addendum Kontrak

Referensi : Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018

Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah