Dalam hal penyedia tidak bisa melaksanakan pekerjaannya sampai pada batas akhir kontrak dan telah dilakukan peringatan oleh PPK kepada penyedia sebanyak 3 kali selanjutnya PPK melakukan Pemutusan Kontrak dan memproses Sanksi Daftar Hitam bagi penyedia dimaksud. Dalam memproses pencairan Jaminan Pelaksanaan ternyata tidak dapat dipenuhi oleh pihak asuransi dengan alasan pemutusan kontrak/wanprestasi terjadi di luar Jaminan Pelaksanaan yang bukan tanggung jawab pihak asuransi. Bagaimana solusi terkait hal itu?

Kategori : Q&A Pengadaan
Jawaban :
  1. Berdasarkan Perpres pengadaan barang/jasa maka bentuk jaminan bersifat: tidak bersyarat, mudah dicairkan dan harus dicairkan oleh penerbit jaminan paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah surat perintah pencairan dari Pokja Pemilihan/PPK/Pihak yang diberi kuasa oleh Pokja Pemilihan/PPK diterima.
  2. Dalam hal pencairan jaminan tidak dapat dilakukan karena adanya perbedaan pendapatan antara PPK dan pihak asuransi yang berpendapat bahwa jaminan tersebut telah melebihi / berakhir masa berlakunya, maka PPK dan pihak asuransi menempuh langkah mediasi dengan melibatkan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

#Sanksi Daftar Hitam #Pencairan Jaminan

Referensi : Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018

Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah