Bagaimana strategi pengadaan jasa dengan lingkup pekerjaan advertorial pada media cetak iklan dan berita (skala kabupaten/kota, provinsi, dan nasional) dan media online?

Kategori : Q&A Pengadaan
Jawaban :

Pasal 61 Ayat (1) Perpres Nomor 16 Tahun 2018 menyatakan bahwa dikecualikan dari ketentuan dalam Peraturan Presiden ini adalah:

a. Pengadaan Barang/Jasa pada Badan Layanan Umum;

b. Pengadaan Barang/Jasa yang dilaksanakan berdasarkan tarif yang dipublikasikan secara luas kepada masyarakat;

c. Pengadaan Barang/Jasa yang dilaksanakan sesuai dengan praktik bisnis yang sudah mapan; dan/atau

d. Pengadaan Barang/Jasa yang diatur dengan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.


Untuk menentukan metode pemilihan yang paling sesuai paket pengadaan advertorial agar ditinjau terlebih dahulu faktor-faktor antara lain hasil identifikasi kebutuhan dan ketersedian anggaran, pemaketan yang optimal, kondisi pasar, dll.

 Untuk paket pengadaan dengan nilai sampai dengan Rp 200.000.000,- (dua ratus juta) maka dapat dilakukan pengadaan langsung. Namun jika nilainya di atas Rp 200.000.000,- (dua ratus juta) maka dilakukan tender. Penunjukan langsung dapat dilakukan jika memenuhi ketentuan Pasal 38 Ayat (4) dan (5) Perpres Nomor 16 tahun 2018. Selain itu, kemungkinan lain yang bisa ditelaah adalah penggunaan ketentuan pengecualian mengacu Pasal 61 Ayat (1) Perpres Nomor 16 Tahun 2018.

#Pengadaan Yang Dikecualikan #Penunjukan Langsung #Tender